Pemerintah Siapkan Dana 3.8 T untuk Danau Toba dan Bromo
Pemerintah Siapkan Dana 3.8 T untuk Danau Toba dan Bromo

Pembangunan Danau Toba Fokus pada Penataan Tano Ponggol



Meskipun pandemi Corona telah memporakporandakan perekonomian Global, pemerintah tetap memprioritaskan proyek 10 destinasi wisata di tahun 2021. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan anggaran Rp 3,88 triliun untuk mendukung proyek tersebut.

Adapun 10 destinasi pariwisata prioritas tersebut yakni Danau Toba, Borobudur, Lombok-Mandalika, Labuan Bajo, Manado-Likupang, Wakatobi, Raja Ampat, Bromo-Tengger-Semeru, Bangka Belitung, dan Morotai. Program ini masuk dalam agenda pembangunan prioritas nasional pertama, yakni ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadlian.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa dari Rp 3,88 triliun yang disiapkan, terbagi ke dalam sejumlah proyek. Dalam paparannya disebutkan ada proyek pengendalian daya rusak sungai di Kabupaten Samosir.

Selain itu, Basuki juga berencana membangun pengaman muara Sungai Bogowonto. Pihaknya juga menyiapkan pembangunan sarana pengendali banjir sungai Bogowonto dan anak sungainya. Dua proyek ini merupakan bagian dari Kawasan Strategis Nasional (KSN) Yogyakarta Internasional Airport (YIA).

Selanjutnya, Basuki juga membangun pengaman Pantai Kapota, dan pengamanan pantai Kabupaten Klungkung. Lalu ada proyek penggantian jembatan Aek Tano ponggol di Sumatera Utara.

    infotoba

    Penulis: infotoba

    Redaksi senior infotoba, memiliki tulisan yang sudah tersebar di media massa nasional


    Berita Terkait

    Form Komentar



    Masukan 6 kode diatas :

    huruf tidak ke baca? klik disini refresh


    Komentar Via Facebook



    Profil infoTOBA

    InfoToba adalah media online Indonesia yang menyajikan berita dan informasi seputar Danau Toba dan sekitarnya serta informasi wisata terbaru sekitar Danau Toba maupun Nasional.  Saat ini , kebanyakan media online di bangun dari perusahaan besar [read more...]

    Facebook

    Twitter

    Contact Us